Senin, 18 Juli 2016

Kali Ini: Gunung Cikuray!!! (3)

untuk postingan sebelomnya bisa dilihat di part I dan part II (klik aja)

Di puncak itu dingin banget bahkan ketika matahari udah naik sekalipun udaranya tetep dingin. Karena dingin banget, Mey meluk Chiu dan aku meluk tangannya Mey. Sumpah dingin sedingin-dinginnya! Entah karna kondisi badan aku yang kurang fit jd kedinginan banget.
 Aku baru aja baca artikel anak SMA yang meninggal di Gunung Gede karena Hipotermia. Tar naik gunung lagi aku ogah deh kalo kondisi badan ga fit.

Aku sarung tangan aku tuh lembab jadi makin dingin, akhirnya aku lepas dan tetep aja dingin. Serba salah!

Sekitar jam 7an lebih kita turun lagi karena ada yang pengen cepet2 turun, sedangkan biasanya aku, mey ama chiu turun itu jam 8-9an. Akhirnya kita turun. Dari pos 7 rangga udah ngebet pengen pup, sedangkan di antara kita ga ada yang bawa tissue basah. Setelah lewat pos 7, rangga menyerah dan dia pun pup.

Ngga di celana, tentu saja -__-

Dia melipir ke antara semak2, lalu menggali dan melepaskan semua beban yang selama ini dia bawa di sana. Karena gada tissue basah akhirnya kita merelakan satu botol air minum kita. Isinya gapenuh sih, 3/4nya mungkin.

Karna gaboleh buang sampah sembarangan, jadinya botol itu kita bawa turun. Dan aku gamau nyentuh rangga ataupun botol hina itu.

Pas di bawah ternyata tante Dewi dan Ci Retha udah bangun. Plus mereka masakin masakan buat kita. Dengan sangat menyesal aku ijin tidur dan gabantuin mereka masak. Hahaha padahal emang males!

aku, nengsih dan para pria tidur. Aku gatau Jessica tidur apa ngga, karna pas aku bangun dia bangun juga. Dan aku gananya juga sih.

Kynya aku tidur cuman sejeman. Segitu juga aku sangat bersyukur. Pas aku bangun, aku liat tante dewi lagi ngobrol ama Jes dan ci retha masak sendirian, yaudah aku bantuin ci Retha. Pencitraan lah, biasa -__-

Udaranya masih dingin karna ditutupin kabut. Tapi aku bisa ngeliat buruk gagak yang seliweran di sekitar tenda. Bagus banget warnanya!

Setelah itu kita makan. Cewek2 di dalem tenda (karna kedinginan) dan cowok2 di depan tenda cewek.
Abis makan, leha-leha, beresin tenda, foto2 lalu turun lagi.

SebenerNya pas bagian leha-leha, ada pendaki lain yang turun dan istirahat di saung di pos 6 itu. Tante Dewi ngobrol ama mereka dan ternyata tempat di mana kita pasang tenda adalah tempat di mana babi hutan sering muncul dan ngacak2 tenda para pendaki. Makanya dibikin saung karna tenda buat pos penjaga suka dirusak juga. Thank God saat itu gaterjadi apa-apa sama kita. Mungkin karna ujan juga jadi si babinya takut kalo rambutnya yang abis catokan keujanan.

Pas turun, entah di mana, kakinya Jessica sakit banget sampe dia gabisa berdiri. Jadi kynya kepelitek gitu.

Akhirnya mey turun duluan ama nengsih buat cari bantuan, aku bareng tante dewi nyusul, ci retha ama jess n james, terus chiu ama rangga.
Mey nemu bala bantuan di sebelom pos 3. Akhirnya Mey naik lagi bareng 2 orang pria, aku jadi leader buat nengsih dan tante Dewi terus sisanya di belakang karna ada yang mesti bawa 2 tas. Jessica akhirnya dipakein dekker (bener ga sih nulisnya?) jdnya dia bisa jalan sendiri tapi tetep mesti dituntun gitu.

Jadi, sebelom kita naek, aku nanya ke chiu tentang asal usul orang2 yang ikutan ini. ternyata James itu lagi deketin Jesica jadi ajak Jessica dan Jessica ajak tantenya dan temennya.

James bener2 perhatian ama Jessica waktu itu. Sangat perhatian. Bahkan dia mau ngebukain sepatunya jes terus ngelapin pake tissue basah. Sempet terlintas di otak aku kalo John juga tipe2 cowo begitu. Di situ aku lumayan bersyukur sih. Karna kalo aku diperlakukan seperti itu aku bakalan meradang. Hmm, mungkin ini sebabnya aku masih sendiri, gabisa diperlakukan manis. Aku punya beberapa sahabat pria yang baik sama aku, tapi mereka kasar kalo ngomong sama aku. Tapi itu yang bikin aku tetep jadi sahabat mereka.

Pas turun, ada abang2 lain yang dari Priok yang ngomong ke aku kalo naek gunung itu persiapannya harus matang dan blablabla. Pokoknya jadi aku yang diceramahin. Sempet pengen marah ama chiu karna ajakin yang lain yang belom pernah naek. Mending kalo dia udah ahli banget naek gunung ini masih ya gitu2 aja. Dan perbandingan cewe ama cowonya ga seimbang. Oh well, kalo aku dihitung ke dalam anggota cewe yaa..

Akhirnya aku dan 2 orang yang ada di belakang aku sampe bawah duluan. Aku langsung cari wc dan pup karna udah 2 hari ngga.
Setelah selesai pup dan ngelapin badan pake tissue basah banyak2 (karna males mandi) plus ganti baju akhirnya sisanya naympe bawah juga.

Langit udah gelap.

Lalu beberapa menit kemudian hujan gede. Segede gedenya!

Bersyukur sih, kita gadihukum terlalu keras karena kebodohan kita. Iya kita! Karna bukan salah Chiu juga sih. Salah aku juga. Aku tau kalo Chiu tuh orangnya gaenakan. Harusnya aku tegesin di grup kalo treknya bakalan panjang dan susah jd yang belom pernah naek gunung sebaiknya mengundurkan diri.
Next time, kalo chiu yang ajak, bakal aku tegesin ky gitu. Karna bukan cuman kesian ke orang yang ikut dan gasiap tapi kesian juga ke para pria yang harus membantu mereka. Bawa diri aja capenya ky apaan tau apalagi harus bawa tas plus tas orang atau mesti bopong orang.

Kecuali tuh orang sewa porter. Tau kan porter itu apa? Porter itu nama belakang seorang penyihir. Meh!

muka nelangsa

udah cape masi disuruh foto

Abis itu aku, chiu, rangga dan james beli indomie rebus sambil nunggu ko chris jemput kita.

Pas ko chris dtg kita beres2 dan pulang ke bandung.

Sepanjang perjalanan aku tidur. Bahkan ketika mereka berhenti untuk makan aku tetep tidur.

Okay! Pelajarannya adalah:

Jangan sok jago!
Tetep fokus ama Tuhan.
Dan punya sedikit harapan. Gausah gede2, tar gunungnya pindah lagi kan repot.

Oh iya, ini gunung pertama yang aku naikin tanpa bantuan siappaun. Yeah beberapa kali badan aku mesti di tarik Mey karna kaki aku yg kurang panjang tapi itu cuman 2 atau 3 kali doang. Sisanya aku bantuin orang. Sampe2 chiu ama mey bilang kalo aku sekarang udah dewasa. Yaaaayyy!!!

Kalo emang gada kerjaan ky aku dan 8 orang lain, silakan naik cikuray. But please persiapannya mesti mateng bener. Dari mulai barang2 yang dibawa, gaboleh bawa yang gapenting karna akan sangat berat tapi gaboleh meremehkan hal2 detil yang crusial ky olah raga beberapa minggu sebelom naik, obat2an dan yang lainnya yang aku juga pusing.