Minggu, 12 Februari 2012

Twitter VS Facebook


Layout Twitter cuman baru 3 atau 4 kali gitu berubah, pokoknya ga sesering facebook. itu nunjukin kalo faceboook itu lebih labil dari twitter. Tapi Twitter membiarkan penggunanya yang labil. Para pengguna twitter bisa banget ngeganti background twitternya dan warna link, text, sidebar ama bordernya. Sedangkan facebook ga bisa ganti background atau warna. Baru akhir2 ini aja bisa ganti foto headernya atau apapun itu namanya?


Di facebook bisa langsung ngetagin foto. Di twitter juga bisa sih tapi rada ribet ky hubungan neng ama si dia.


Di facebook ada group di twitter ada list.


Twitter cuman ada 140 karakter doank which is lebih pendek dari sms. Tapi sekarang ada fasilitas lain yang bisa ngebuat kita ngetweet sepanjang2nya dan ntar ditweetan kita ada link yang menuju lanjutannya. Biasanya sih followers males ngebuka link itu. Cuman para stalker iseng, fans ama orang yang suka aja yang bakal ngebuka tuh link. Karena pendeknya karakter yang tersedia, twitter cocok banget buat orang yang suka update singkat, padat dan ga jelas.
 Misalnya: Lagi boker nih.
Ga jelas kan, dia lagi boker di mana? Dia cebok atau ngga dan berapa kilo yang dihasilkan.

Sedangkan Facebook, ga tau dengan jelasin berapa karakter maxnya, ga pernah ngitungin juga, yang jelas panjang banget. Sampe2 bisa ngetik lirik lagu, pengumuman, obrolan, puisi atau bahkan surat wasiat. Harusnya sih bisa banget bertele2, ga padet dan ga usah jelas2 amat.
Misalnya: Aduh gila aja, gue udah nahan boker dari 3 jam yang lalu dan sekarang gue ada di angkot yang ngetem dari setengah jam yang lalu. Mana sopirnya jelek lagi, udah gitu marah2 aja. Sumpah ini kekejaman terhadap para fakir boker seperti gue.
Bertele2 banget ga sih? Intinya kan cuman lagi nahan boker. Dan ga jelas juga. Dia ga jelasin akhirnya boker di mana. Apa keborosotan di angkot atau dia nyampe rumah dan ngelakuin pelepasan dengan selamat? Endingnya ga jelas!



Kalo di fb mah orang mendadak gila, gara2 ngomong sama tembok. Kalo di twitter orang mendadak cerewet banget. Bahkan yang pendiem, pemalu dan anak baik2 ky neng gini bisa amat sangat ngaco di twitter.


Kalo setuju status orang, di FB ada tombol LIKE. Kalo setuju ama tweetan orang di twitter ada tombol RT. Kalo mencet tombol yang RT di twitter ga usah bayar, ga ky di dunia nyata. Ups, keceplosan, mudah2an KTP neng ga dipersulit ya, secara neng kan WNA illegal. Btw, kapan ya neng bisa bikin KTP di hati dia ya?


Jargon di FB: makasih udah di add/confirm (:
Aneh, kenapa orang2 berterimakasih gara2 di add atau di confirm, mungkin karena saking sopannya orang Indonesia. Soal add dan confirm neng punya pengalaman yang rada absurd. Jadi beberapa bulan yang lalu, pokoknya udah rada lama Yulia ngomong kalo Sugih itu suka ngetagin foto aneh, eh beberapa hari setelah dia ngomong gitu, Sugih nge-add neng. Ya udah neng antepin. Karena saking lamanya, neng pikir neng ngeignore dia. Pas 2 harian yang lalu, neng duduk di sebelah Sugih dan sugih langsung ngomong gini “Si Theslan kejam ih, gw nge-add ga di approve”. Neng langsung keketawaan. Karena sebelomnya Inggrid pernah bilang kalo Sugih itu suka ngetagin foto dirinya sendiri dnegan gaya2 yang absurd. Neng dengan innocentnya bilang gini ke sugih “Ya udah di add lagi aja atuh”. Dan sugih dengan kagetnya ngomong “Apa add lagi? Udah lu ignore?” neng cuman ketawa. Karena ngerasa bersalah (ga juga sebenernya) neng bilang ke Sugih “Ya udah, aku aja yang nge-add, udah atuh jangan marah hahahhaha”. Hari itu juga neng ngebuka FB dan langsung ke profile fb nya Sugih, ternyata belom neng ignore, ya udah tinggal neng confirm. Pas ketemu ama sugih lagi neng bilang “Sugih, udah aku approve” dan Sugih dengan tengilnya ngomong “Entar gw remove ah, sakali sewang”. Hahahaha, konyol! Btw, sampe sekarang belom di remove da, kalo pun diremove gapapalah, siapa yang butuh. Hahahah ngajak berantem gini. Peace ah, Lau.

Jargon di Twitter: Folbek donk kaka
Dulu, pas awal2 neng punya twitter ga ada tuh kalimat ini. Diduga kuat jargon ini muncul sejak alayars memasuki dunia Twitter. Buat neng, seseorang yang butuh followers banyak itu orang yang bener2 berpengaruh. Motivator, artis, pendeta, pokoknya famous ppl. Kalo neng mah ga butuh followers banyak2. Kadang semakin banyak followers semakin banyak orang yang ikut campur dan semakin ga bisa bebas di twitter. Kalo satu followers wajib ngasih satu choki2 ke orang yang dia follow, maka kerjaan neng tiap hari adalah nyari followers sebanyak2nya. Sayangnya followers ga guna buat neng saat ini. Mungkin nanti.


Nama yang dipake di FB ama twitter juga bebas. Ada yang pake nama asli ada juga yang nick namenya. Kalo di Fb nama bisa panjang sesuka hatimu, tapi nama yang dipake buat username di twitter aga susah kalo panjang2 teuing, soalnya karakter yang tersedia dikit banget. Jadi kalo usernamenya panjang pisan, paling cuman bisa ngetweet “folbek donk kk” doank.
Soal nama atau username, neng sering banget nemuin yang weird. Ada yang namanya Anto Pejuangcinta bobotohpersib Takterkalahkan atau Gea Cantikz Mirip Tetangga Bangeudth  ada juga yang tulisannya ga bisa dibaca atau ditiru oleh anak normal ky neng. Ada yang usernamenya nomor hape, ada juga yang nunjukin kalo dia fans seseorang atau sesuatu. Misalnya @AnisaParaWaliCeLaluCemunguudth atau  @CommunithezMeland.


FB punya fasilitas chat. Twiter ga punya, cz twitter itu sebenernya mini blog tapi sekarang2 twitter dijadiin tempat chat juga, kira2 kejadian chat di twitter semenjak dewa alay memasuki twitter.


Intinya mah, bebas sih mau lebih suka FB atau Twitter, cz mereka berdua punya kelebihan dan kekurangan masing2, tergantung kebutuhan.

Okay, karena kebelet pengen boker, udahan dulu ya bisi kaborosotan. Aupiderjen.

0 komentar:

Posting Komentar

mari bicara :)

 
THEStimony Blogger Template by Ipietoon Blogger Template