Selasa, 07 Juni 2016

(Kak) Theslan Bisa



Its’ been 3 months aku jadi pengajar di salah satu yayasan sosial di Jakarta. Anak-anak jadi alesan kenapa aku selalu dateng ke tempat itu.

Minggu kemaren, ada rapat buat nentuin PJ kelas. Jd ky wali kelas gitulah. Out of the blue, kak Tian, salah satu pengurus bilang kalo untuk tahun ajaran baru, aku bisa jadi PJ kelas 7. Yang aku lakukan adalah? Menolak! Syarat jadi PJ, selain dia bisa menguasai pelajaran kelas itu, dia juga bisa hadir tiap minggu.
Kalo pelajaran kelas 7 sih aku rasa 85% aku bisa kuasain, apalagi akhir2 ini aku baca2 lagi pelajaran kelas 7. Tapi untuk hadir setiap minggu itu rada susah. Karna minimal sekali dalam sebulan aku harus pulang ke Bandung untuk ketemu sama seorang anak kecil yang aku sayang lebih dari 1000 anak kecil lain.

Kak Tian sih bilang itu gamasalah. Iya sih harusnya gamasalah, toh aku cuman absen 1 kali dalam sebulan. Dia sampe berkali2 bilang “kak Theslan bisa kok jadi PJ” Tapi aku ngerasa ada kakak yang kurang setuju. Mungkin karna aku terlalu kecepatan buat jadi PJ.

Honestly, aku juga gamau dikasih tanggung jawab lebih. Kynya enak kalo cuman dtg buat ngedampingin adik2 atau ngajar sesekali ketika kakak PJ nya gabisa dtg. Aku gausah mikirin grade mereka di sekolah. Gausah mikirin kehidupan mereka di rumah. Aku gausah pikirin cita-cita mereka. Aku cuman ngajar, abis gitu pulang. Gada beban.

Tapi seorang kak Tian percaya kalo kapasitas aku bisa ngelakuin lebih. Well, aku udah agak jarang sih ditantangin beginian. Kynya udah lama banget ky gini. Selama ini hidup bener2 normal. Gada tantangan. Gada yang menantang juga. Gada yang nge-strech kemampuan aku juga. Jadi terharu pas kak Tian ngomong gitu.. ugh! Dasar melakolis!

Tapi jujur, kak Tian emang menginsipirasi aku dalam banyak hal. How to treat kids, how to treat new comers. He always says thanks even for the small things.

Beberapa bulan ini banyak banget hal-hal baik yang terjadi sama aku semenjak aku memutuskan untuk melayani adik2. Apa 3 bulan ini lancar2 aja? Ngga! Kadang aku ngerasa cape banget dan pengen udahan aja. Tapi ketika aku diingetin lagi ama janji Tuhan, aku paksa diri aku buat mau melayani lagi.

Sekarang-sekarang, aku jadi orang yang gabegitu jijikan. Dulu aku selalu suruh Kaleb cuci tangan setiap kali dia pinjem hape aku. Tapi sekarang aku bahkan bisa nyuciin kaki anak yang kena lem tikus.
Yeah walapun ada banyak hal yang masih harus aku pelajari karena dalam banyak hal aku masih salah.


Yang aku percaya adalah seiring berjalannya waktu, kehidupan kita as a human being akan menjadi lebih baik. As long as we care for each other. As long as we don’t focus on ourselves.

Aku harap ada banyak orang yang tergerak untuk mulai mau melayani orang lain.
Ga mesti ada di satu yayasan sosial sih. Pelayanan di gereja pun sangat berarti. Karna aku yakin, ada banyak hati2 yang terluka yg dtg ke gereja. Pastor Josh bilang, kalo ngomongin soal pelayanan itu artinya ngomongin soal teladan. Makanya kalo pelayanan di gereja terlihat lebih menyeramkan sih buat aku hahah. Karna aku masih jauh banget dari kekristenan. Pelayanan di luar lebih aman karna aku gabawa2 agama manapun. Hehehehe..


Agnes pernah nanya sebenernya apa motivasi orang2 yang ngajar di tempat aku melayani. Dan aku bilang “I don’t give a shit! As long as kids happy sih gamasalah apapun motivasi kakak2nya”

Jadi, karna bukan aku yang bisa melihat kedalaman hati seseorang, aku gamasalah dengan apa motivasimu untuk melayani. Untuk bisa dipost di dunia maya kah, untuk dapet jodoh kah, untuk apapun itu, itu bukan urusanku sama sekali. Toh yang begitu akan teruji seiring berjalannya waktu. Hanya yang melakukan untuk Tuhanlah yang dapat bertahan dan setia.

Kalo seorang Theslan bisa kamu yang jauh jauh lebih hebat (tapi galebih cantik) dari Theslan pasti bisa. Bisa melakukan lebih bahkan. Dan kalo suatu hari nanti aku kelelahan dan ingin menyerah, aku berdoa biar selalu ada yang mengingatkan aku akan apa yang Tuhan udah rencanain buat hidup aku.


0 komentar:

Posting Komentar

mari bicara :)

 
THEStimony Blogger Template by Ipietoon Blogger Template