Kamis, 01 September 2016

Mengasihi Tuhan Dengan Segenap Kepintaran



Setelah beberapa hari ini turun lapangan, nyampe rumah jem 11an langsung tepar akhirnya aku kembali ke kantor lagi. Yaaayyy!!!

Akhirnya ada kesempatan buat nulis lagi, karena akhir2 ini bener2 ngerasa yang namanya sibuk. Luar biasa ya? Aku menikmati sih setiap kesibukan ini. Bukan sibuk kali ya, tapi padet. Enak sih, jadi gausah mikirin siapa2. Gada perasaan kangen sama siapa2 juga. Soalnya aku tuh suka lebay kalo udah kangen sama seseorang bisa sampe nangis gitu malem2. Misalnya ama Kaleb gitu. Semalem2an bisa nangis. Tapi ini pulang udah langsung tidur karna besok pagi mesti perang lagi.



And you know what, Tuhan adalah orang termenyebalkan di hidup aku! Pas aku turun lapangan aku diingetin ayat yang mengasihi Tuhan dengan segenap hati, kekuatan dan blablabla itu. Okelah. Mungkin karena terlalu sering denger ayat itu jadinya aku ngerasa tuh ayat udah overrated banget hahaha iya aku tau gaboleh menyepelekan satu ayatpun, maapkan kejujuranku, tolong jangan ditiru.

Semuanya baik2 saja setelah aku baca ayat itu dalam alkitab yang biasa kita pakai. Gada yang terjadi. Gada petir atau langit yang bergemuruh. Semuanya baik2 saja. Sampai akhirnya aku (dengan bodohnya) baca versi the message:
Luke 10
26 He answered, “What’s written in God’s Law? How do you interpret it?”
27 He said, “That you love the Lord your God with all your passion and prayer and muscle and intelligence – and that you love your neighbor as well as you do yourself”
28 “Good answer!” said Jesus. “Do it and you’ll live”

Ketika baca itu, aku merasa langit runtuh seketika. Haish! bahkan dalam doapun harus mengasihi Tuhan lho.. karna biasanya kan aku suka berdoa untuk mengasihi diri aku sendiri.


Di lapangan aku tau siapa yang bakal jadi partner aku, dia anak yang baru beberapa bulan masuk, kerjaannya super lelet, kalo dikasih tau bilang “iya tau” tapi kenyataannya ngga, dan kerjaannya garapi. Pas aku tau aku ngerasa aku bakal ngehindarin dia aja entar jadi gausah marah2 eh dapet ayat ini.

Tuhan tuh kebiasaan deh, kalo aku udah ngerancangin rencana jahat sebelom rencana itu terjadi aku udah ditegor dulu. Nyebelin!

Dibilang di ayar itu: love God with all your passion, muscle (yeah I have that on my calves), prayer and intelligence. Semuanya untuk Tuhan. Dan bohong banget kalo aku bilang aku mencintai Tuhan dengan segala kepintaranku tapi aku gamau ngajarin orang. Jadinya selama aku turun lapangan, aku bantuin kerjaan dia yang garapih itu. Oh God! Aku bersyukur kalo aku gapunya hypertensi. Jadi kalo mau dilebay2in, aku mesti handle bule2 dengan bahasa dan dialeg yang aneh, muterin PRJ berkali2 plus aku mesti ajarin kerjaan si anak baru ini yang lambat banget nangkepnya.

You know what, dia lulusan universitas gede di Jakarta dengan IPK 3.2 tapi gaya nangkep dia lambat banget. Bahkan lebih lambat dari adik2 yang aku ajarin padahal mereka ngga sekolah.

Sebenernya beberapa hari di lapangan gada yang mau ngajarin dia detil sedangkan dia gabisa kalo disuruh mikir, bisanya kalo diperintah itupun mesti diingetin terus kalo ngga pasti ada yang missed. Orang-orang sibuk ngerjain bagiannya masing2. Dan entah mengapa aku mau ngajarin dia. Beberapa orang bilang kalo aku sabar banget aku juga gangerti sih, mungkin karna aku gateriak2. Orang-orang yang ajarin dia suka berakhir dengan kalimat “lu bener ga lulusan xxx?” sambil teriak2. Dibilang baru banget juga ngga, dia udah 3 bulanan harusnya udah ngerti flownya makanya wajar kalo orang2 marah pas kerjaannya dia gabener.

Contohnya, hal simple aja.
Aku suruh dia buat copy invoice dan contract  satu perusahaan, udah gitu invoice sama contractnya distaples, copy sama aslinya. Itu 2 perintah sederhana. Pertama, dia copy dulu invoice sama contract. Kedua, invoice sama contract distaples. Mudah dong?
Kenyataannya? Dia copy invoice ama contract itu terus dia masukin ke map.

Pas aku cek map yang penuh dokumen yang serupa aku ngeliat si perusahaan itu dokumennya berteteran. Aku datengin dia
Aku: tadi aku nyuruhnya apa ya?
Dia: ngopy invoice ama contract nya YYY
Aku: terus?
Dia: distaplesin
Aku: ini kok belum ya? *sambil ngasih dokumennya*
Dia: hehe iya lupa
Aku: ya udah staplesin dulu
Aku ngasih dokumennya lalu aku pergi lagi ngadepin bule2. Aku bisa ga staplesin dokumen itu? bisa banget! Tapi aku pengen dia tau kalo kerjaan dia ada yang missed dan dia harus belajar.

Pas balik lagi aku cuman ngeliat contract ya aku tanya lagi dong eh ternyata dia staples invoicenya di belakang, sebenernya kalo dia mau lihat contoh dokumen lain sih dia harusnya tau kalo yang dibagian depan itu invoice bukan contract tapi yaudahlah
Aku: dibuka lagi aja staplesnya, invoicenya taro di depan.
Dia: oh oke. Invoicenya di depan?
Aku: iya
Dia: contractnya di belakang?
Aku: ngga! Aku gamau jawab itu! itu bukan pertanyaan yang harus kamu tanyain! *diam sejenak narik napas* Contractnya dibuang!

Aku ngomong gitu gasambil teriak2, buat orang yang pernah liat aku marah sih harusnya tau ekspresi dingin aku. Rasanya kesel! Udah aku cape keliling ngadepin orang yang aku gangerti mereka ngomong apa eh nemu kasus beginian. Tapi untungnya ama dia contractnya gadibuang sih. Agak mikir juga tuh orang..

Tapi hari berikutnya aku masih mau ngajarin dia. Entah mengapa. Tapi mengasihi Tuhan dengan segenap blablabla itu susah! Tapi entah mengapa tubuh aku ngebawa aku untuk selalu belajar buat ngelakuin itu. hmm tau sih karna roh itu penurut, daging yang lemah! Mau gamau karna daging lemah jadinya dia ikutin apa yang roh mau lakuin. Dan roh kita selalu mau ngelakuin apa yang Tuhan perintahkan.

Kalo kamu bilang “ya, itu kan teorinya doang, prakteknya beda. Lu tetep jatoh! Lu maish gabisa mengasihi dnegan segenap kepintaran lu, kan?”
Iya! Setuju banget! Banget! Tapi ketika aku mau belajar buat mengasihi aku yakin itu bukan aku. Itu roh yang ada di dalam aku.

aku sempet mikir, ini aku aja ngadepin orang ky dia tuh udah kesel banget. Gimana Tuhan ngadepin aku ya? Aku tuh super duper bebal. Punya pemikiran sendiri akan apapun, sering banget galibatin Dia dalam segala hal karena ngerasa bisa sendiri. Ngerasa tau banyak hal padahal gabener juga.

Mungkin kalo aku jadi Tuhan aku bakal bilang “ngga, thes! Aku gamau jawab kamu! Itu bukan pertanyaan! Kamu aku buang!”

Untungnya Dia gaberpikir seperti itu. bahkan sedetikpun gapernah Dia berpikiran untuk ninggalin aku. Ngga sedetikpun!

0 komentar:

Posting Komentar

mari bicara :)

 
THEStimony Blogger Template by Ipietoon Blogger Template